Perangkat Lunak Jaringan - 9

Mengubah foto login CentOs menjadi foto kita (BootLoader)
            Pertama  yang harus kita Siapkan adalah foto yang kan di masukan ke dalam Centos
Lalu masuk ke bagian teks vi yang berisi grub menu list dengan megetik “vi boot/grub/menu.lst” pada dalamnya kita bisa mengubah foto login (seperti yang ada di Blog ini), mengubah judul Sistem Operasi, default Init, dan Lain -lain.
            Sebelum kita mengubah Foto login pada latar CentOs, kita mengubah judul Centos,
Pada dalam teks vi di bagian title ada 2, yaitu yang CentOs dan Windows, kita insert dan ganti Tilte CentOs Menjadi Judul yang kita mau
           
            Setelah itu di Reboot, maka judul CentOs akan berganti. Kita juga bisa mengubah waktu “timeout’ yaitu waktu lama kita di layer Server, bahkan kita juga bisa menyisipkan Password di sana Sehingga kita bisa menyiapakan menjadi Double Login.
            Yaitu di Layer Server (Hitam putih) dan Layer User (login di OS) sungguh banyak sekali Setingan yang bisa kita lakukan di dalam Teks Vi grub menu list, namun semua itu bisa di lakukan dengan Syarat kita berada di Posisi Super User (Boot)
            Kita bisa login ke dalam Super User / Boot dengan mengetik SU pada layer terminal Centos, dengan syarat kita sudah Login Di LocalHost / User OS.  Karna pada User OS kita hanya akan sebagai User saja. Namun jka kita login Super User Kita bisa mengubah semau kita apapun di Centos. Tersebut
            Memasukan Foto di Layer Login (BootLoader)
    1.      Siapkan foto
    2.      Potong foto dengan Apps Edit yang ada di CentOs. Dengan ukuran 480 X 680
    3.      Buka apalikasi pengatur kontras Warna atau RGB ubah dari 1,400-an warna menjadi 14 (karna            CentOs hanya mengenal 14 warna Dasasr)
    4.      Lalu simpan Foto dengan Format XPM.
    5.      Ektrak foto sehingga
    6.      Terus buka terminal Centos, masuk ke Super User, dan Masuk ke VI boot/grub/menu.lit
    7.      Lalu ubah SplashImage menjadi menjadi nama File foto yang di ekstrak tadi
    8.      Save dan Reboot.
    9.      Walala… Foto telah terpasang. SELESAI
Note : Semua setingan yang ada di Vi boot/grub/menu.lst hanya lah setingan biasa untuk mengubah Personalfikasi untuk User dan Super User, tidak untuk proses Sistem Operasi jika ingin menambah kan, dan menghapus OS, Berada di bagain bukan di VI.
 Link Kampus : https://sttpln.ac.id/
Link Pretest :
Fernanda Ivanata L (201731350) 

Comments

Popular Posts