Perangkat Lunak Jaringan - Pertemuan 1

Pada pertemuan pertama ini saya dan teman-teman sekelas dijelaskan oleh kakak-kakak asisten laboratorium tentang tata tertib dilaboratorium open source,yaitu :

  1. Toleransi keterlambatan 10 menit
  2. Dilarang memainkan alat komunikasi
  3. Dilarang makan dan minum
  4. Berpakaian bersih,rapi,&mengenakan almameter
  5. Dilarang mengubah settingan komputer
  6. Dilarang merokok
  7. Melaporlah pada instruktur apabila ada kesalahan pada komputer
  8. Meletakkan tas dan sepatu pada tempat yang telah disediakan
  9. Jagalah kebersihan dan kerapihan
  10. Praktikan yang melananggar tata tertib akan mendapatkan sanksi
Selanjutnya kakak asisten memberi penjelasan untuk pembuatan laporan tentang Perangkat Lunak Jaringan.Berikut penjelasannya:

  • Memakai stopmap plastik warna putih
  • Cover laporan semester memakai kertas buffalo
  • Cover laporan mingguan memakai kertas HVS
  • Cover laporan dibatasi dengan margin 2cm atas,bawah,kiri,kanan
  • Cover laporan mingguan minimal pembuatan 4 lembar tidak bolak-balik
  • Cover laporan mingguan hanya ditulis tangan dengan warna biru
Kemudian dosen memberikan pengenalan awal tentang mata kuliah "PLJ" ini.Sebelum memulai perkuliahan terlebih dahulu kontrak perkuliahan untuk nilai-nilai seperti kehadiran,tugas atau quiz,UTS,danUAS.Kontrak perkuliahan ini setiap dosen mata kuliah mempunyai penilaian yang berbeda-beda.Nilai kehadiran yaitu 10%.Lalu untuk tugas 30%,tugas tersebut dibagi menjadi dua (15% dari dosen dan 15% dari asisten lab),30% nilai untuk UTS dan 30% lagi untuk nilai UAS.Untuk peraturan kehadiran jika mahasiswa tidak dapat memenuh nilai kehadiran tersebut maka tidak dapat mengikuti ujian,apabila ingin meminta izin kegiatan maka diharuskan membawa surat dispensasi yang ditanda tangani oleh penanggung jawab kegiatan,lalu jika sakit diharuskan menyerahkan surat sakit dari dokter.

Jadi mata kuliah Perangkat Lunak Jaringan ini mempelajari tentang operasi sistem Linux dan juga distribusi linux.

Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.Berikut beberapa contoh-contohnya:


1.Ubuntu (/[unsupported input]ʊˈbʊnt/) merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.
Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

2.openSUSE /ˌpənˈszə/ adalah sistem operasi komputer yang dibangun di atas kernel Linux. openSUSE dikembangkan secara independen, dengan dukungan komunitas melalui Proyek openSUSE yang disponsori oleh SUSE dan sejumlah perusahaan lain.
Tujuan Proyek openSUSE adalah untuk memperkenalkan penggunaan Linux di mana-mana dengan menciptakan distribusi Linux yang stabil dan ramah pengguna. openSUSE dapat digunakan sebagai sistem operasi untuk desktop dan server.

3.Fedora /fˈdɒr.ə/ (sebelumnya bernama Fedora Core, kadang-kadang disebut juga dengan Fedora Linux) adalah sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat. Nama Fedora berasal dari karakter fedora yang digunakan di logo Red Hat. Pada rilis 1 sampai 6 distro ini bernama Fedora Core yang kemudian berubah menjadi Fedora pada rilis ke-7. Fedora dikenal di dunia Linux sebagai sebuah distro yang menjadi pioneer dalam penggunaan teknologi terkini dan merupakan distro yang digunakan oleh Linus Torvalds.
Salah satu visi utama Fedora tidak hanya mengandung software dibawah lisensi software open source dan gratis, tetapi juga menjadi teknologi yang mutakhir.Pengembang fedora lebih membuat perubahan yang signifikan daripada hanya memperbaiki khususnya untuk bahwa update Fedora dapat digunakan oleh semua Linux.

4.Red Hat (NASDAQ: RHAT) adalah salah satu perusahaan terbesar dan dikenal untuk dedikasinya atas perangkat lunak sumber bebas. Red Hat didirikan pada 1993 dan bermarkas di Raleigh, North Carolina, Amerika Serikat. Red Hat terkenal karena produknya Red Hat Linux salah satu distro Linux utama. 

5.CentOS (Community ENTerprise Operating System) adalah sebuah distribusi linux sebagai bentuk dari usaha untuk menyediakan platform komputasi berkelas enterprise yang memiliki kompatibilitas kode biner sepenuhnya dengan kode sumber yang menjadi induknya, Red Hat Enterprise Linux (RHEL).

6.Xandros mengacu pada nama distro Linux dan perusahaan (Xandros Corporation) yang membuatnya. Xandros Linux adalah sebuah distro Linux yang berdasarkan pada sistem KDE. Saat ini, Xandros telah mencapai versi 4. Nama Xandros diambil dari gabungan X Window System dan pulau Andros di Yunani. Didirikan bulan Mei 2001 oleh Linux Global Partners, perusahaan ini berkantor pusat di kota New York, Amerika Serikat. 

7.Debian (/[unsupported input]ˈdɛbiən/) adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel Linux merupakan distribusi Linux yang popmuler dan berpengaruh. Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan.

Mungkin sampai sini dulu cerita saya di minggu ini,semoga bermanfaat untuk pembaca.Terima kasih.

link kampus : sttpln.ac.id
 
 sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Linux

Comments

Popular Posts